Kamu Harus Tahu! Inilah AI dan Segala Mitosnya

'Jangan takut akan teknologi, justru takutlah jika kita tidak menggunakannya dengan bijak.'

Kurang lebih begitulah pesan dari para ahli atau pakar teknologi.

Btw, teknologi itu apasih? Terus apa hubungannya sama AI? 

#Hubungan Teknologi dan AI

Jadi gini. Intinya, teknologi itu kayak sahabat setia kita yang terus berkembang seiring waktu. Kalau dulu pas lagi bahas teknologi, mungkin pikiran kita langsung ke komputer atau smartphone.
Nah, sekarang,  teknologi sudah sampai titik di mana kita bisa bikin komputer yang bisa mikir sendiri. Itulah yang disebut AI (Artificial Intelligence) atau kecerdasan buatan.

Sebenernya, teknologi itu kayak pisau, bisa dipakai buat masak atau bisa dipakai buat ngerusak.

Alih-alih seperti itu, ternyata teknologi AI menyimpan banyak mitos yang membuat manusia  jadi cemas atas kecanggihannya.
Nah, berikut mitos atau fakta seputar AI yang perlu dibongkar!

 

#Mitos 1: AI Bakal Geser Manusia

Kamu pernah dengar kabar nggak, kalau AI bakal ngambil alih pekerjaan manusia? Nah, itu cuma mitos, frenzie! Faktanya, AI itu hadir bukan untuk menggantikan manusia, tapi justru membantu meningkatkan efisiensi pekerjaan kita. Dengan dukungan AI, kita bisa ngerjain tugas-tugas lebih cepat dan efektif. AI itu bisa menjadi kawan, bukan lawan. 

#Mitos 2: Hanya Perusahaan Besar yang Bisa Pakai AI

Haah! gimana, gimana...? AI cuma bisa dipakai sama perusahaan besar?!

Kamu jangan percaya gitu aja kalau cuma perusahaan besar yang bisa memanfaatkan AI. Saat ini, banyak platform AI yang bisa diakses oleh siapa saja, termasuk kamu dan aku. Harganya pun nggak bikin kantong bolong, kok. 

Bahkan banyak yang gratis, lho. So, jangan ragu untuk mencobanya! 

Tau gasih? bisa pakai dan memanfaatkan AI "in a good way" itu seru banget lho.

Contohnya kayak artikel yang sedang kamu baca ini. Aku juga memanfaatkan AI untuk menyusunnya. Hehe... 

#Mitos 3: AI Selalu Benar

Tunggu! Kalau kamu mengira AI selalu benar, itu justru salah total. Sama seperti manusia, AI juga bisa blunder, lho! Kesalahan bisa terjadi karena data yang nggak akurat atau algoritma yang belum sempurna. Makanya, penting buat selalu pantau dan perbarui AI biar tetap on point.

Kamu pernah gasih, nonton atau ngeliat postingan orang-orang yang membuat gambar menggunakan bantuan AI (misalnya pakai aplikasi bing image creator) 

Nah, kalau prompt yang kita masukin terlalu sederhana, itu bakal membuat AI-nya bingung, pasti gambar yang dihasilkan juga bakal berantakan. 

Gak percaya? Nih, buktinya. 

Aku coba eksperimen menggunakan promt ini:

Gambar surealisme seorang wanita muslimah cantik berdiri dengan ekspresi bahagia di depan sebuah pondok yang nyaman di sawah yang dikelilingi tanaman sayur yang beragam. Wanita itu memiliki 2 lesung pipi, dan wajahnya khas Indonesia, mengenakan pakaian yang santai khas petani modern seperti jaket, celana panjang dan sepatu boots. dia sedang memamerkan sekop dan ember di tangannya. 

And tadaaaa! inilah hasilnya. Wkwkkw

AI juga bisa gagal

See? Lihat kan? AI juga bisa salah menanggapi prompt/intruksi yang kita kasih. 

#Mitos 4: AI Bisa Segalanya

Haah! Bisa segalanya!? Please deh! 

Jangan bayangin kalau AI itu kayak super hero yang bisa melakukan semua hal. Ya emang sih, makin kesini makin banyak produk AI yang canggih, misalnya dalam dunia seni dan musik. 

Tapi, coba deh! berkaca dari mitos AI  nomor 3 di atas atau artikel yang kamu baca ini. Meskipun punya kemampuan luar biasa yang sekeren itu, AI tetap saja punya batasan. AI nggak bisa menggantikan manusia. Ai masih membutuhkan empati atau sentuhan kreativitas tinggi dari manusia agar hasilnya tetap on point

Menurutku, AI itu sebenernya lebih cocok buat tugas-tugas yang bisa dihitung dan berdasarkan logika.

Bukan untuk tugas yang melibatkan perasaan seperti yang dilakukan manusia.

#Mitos 5: AI Bakal Menguasai Dunia

Coba bayangin kalau AI tiba-tiba jadi penguasa dunia? Nah, itu cuma khayalan aja, frenzie! AI cuma alat yang diciptakan manusia untuk membantu kita aja, bukan untuk jadi penguasa. Jangankan AI, manusia pun gak akan pernah bisa menguasai dunia. Kamu pasti taulah, alasannya kenapa, iya kan? 

Makanya, nggak ada yang perlu ditakutin soal ini.


#Kesimpulan

Nah, dari penjelasan di atas, kita bisa narik kesimpulan bahwa:

AI itu cuman alat ciptaan manusia. 

AI masih butuh sentuhan dan kreativitas manusia. 

AI itu teman, bukan musuh yang harus ditakutin, yang serem itu justru manusianya; yang nggak bijak dalam membuat dan menggunakan AI. 


So, itulah beberapa mitos seputar AI yang perlu kamu tahu. Meski nggak sesempurna manusia, AI tetap jadi alat yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. 

Yuk, terus pantau perkembangannya, jangan takut eksplorasi, dan pastikan kita memanfaatkannya dengan bijak! Stay tech-savvy, frenzie! 🚀✨

Posting Komentar untuk "Kamu Harus Tahu! Inilah AI dan Segala Mitosnya"